JIHAD SANTRI JAYAKAN NEGERI: PERINGATAN HARI SANTRI NASIONAL 2023

Assalamualaikum Wr.Wb.

Minggu, 22 Oktober 2023 merupakan peringatan Hari Santri Nasional dengan mengusung tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”. Seperti tahun-tahun sebelumnya, SMA Khadijah pun turut memperingati Hari Santri untuk merayakan para santri-santri Khadijah.

Peringatan Hari Santri SMA Khadijah dilaksanakan dengan upacara yang diikuti mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA Khadijah.  Perwakilan partisipan dari SMA Khadijah yakni siswa/i kelas 11. Selain itu, guru dan pihak yayasan pun mengikuti pelaksanaan upacara tersebut.

Upacara bertempat di Auning Khadijah. Sebagai pembukaan, upacara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan Shalawat Nabi. Setelah itu, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Syubhanul Wathon, Mars Khadijah yang dipimpin oleh Laras Voice yakni ekstrakurikuler paduan suara SMA Khadijah.

Dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila, pembacaan pembukaan UUD 1945, dan pembacaan Naskah Resolusi Jihad dan pembacaan Ikrar Santri.

Amanat dari pembina upacara yakni Bapak Drs. H. Adullah Sani, M.Pd. beliau mengungkapkan bahwa kita perlu memperingati Hari Santri ini karena merupakan salah satu bentuk cinta kita kepada tanah air.

“Ketetapan Hari Santri Nasional dimaksudkan agar kita semua selalu ingat meneladani semangat jihad ke Indonesiaan para pendahulu kita, semangat kebangsaan, semangat cinta tanah air, semangat rela berkorban untuk bangsa dan negara Republik Indonesia.” Ungkap beliau pada sesi amanat upacara.

Upacara peringatan Hari Santri resmi berakhir dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Dr. Rochman Firdian, M.Ag.

Selepas Upacara, kemudian dilanjut dengan Awarding Santri Khadijah Fest 2023. Siswa SMA Khadijah memenangkan beberapa lomba, diantaranya:  Juara 1 MHQ, Juara 2 MtarQ, Juara 2 MTQ, Juara 3 MTQ, Juara 3 DA’I, Juara 3 Vlog, Juara 2 Melukis Kaligrafi, Juara 3 Melukis Kaligrafi. Termasuk beberapa pesertanya yakni anggota POSKHA-PK dan memenangi beberapa lomba diantaranya.

Alhamdulillah acara hari ini berjalan dengan baik dan lancar. Semoga kita semua dipertemukan lagi di peringatan Hari Santri Nasional tahun depan, Aamiin.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *