Meraih Berkah di Malam Nisfu Sya’ban

Assalamualaikum Wr. Wb, Halo Teman-Teman! Nisfu Sya’ban 1442 H jatuh pada 28 Maret 2021 yang lalu. Sayangnya, kita masih berada di situasi pandemi. Dalam situasi pandemi ini, kita belum bisa bertemu secara langsung, padahal biasanya kita akan mengadakan do’a bersama di sekolah kita tercinta.

Nah, di kesempatan kali ini POSKHA mengadakan kegiatan malam Nisfu Sya’ban dengan tema ‘Reviving The Islamic Spirit in Welcoming The Blessed Night of Nisfu Sya’ban ’ yang disiarkan melalui Live Streaming Youtube Turcham Media. Acara ini dilaksanakan pada pukul 18.00 WIB yang dibuka dengan pembacaan surat Yasin oleh KH.M.Rofi’uddin. Beliau juga menyampaikan bahwa terdapat 5 waktu paling mustajab untuk berdoa yang salah satunya adalah malam Nisfu Sya’ban. Beliau juga menyebutkan amalan yang disunnahkan untuk dilakukan yaitu bangun di malam hari untuk mendirikan shalat sunnah kemudian berpuasa diesok paginya.

Banjari SMA Khadijah cr: Turcham Media

Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan Qiroatul Bil Tartil oleh Farida Nur Amalina. Kemudian dilanjut dengan sambutan oleh bapak M. Ghofar. S.Ag.,M.Pd.i, selaku Kepala Sekolah SMA Khadijah Surabaya. Beliau menuturkan bahwa Nisfu Sya’ban adalah malam yang spesial karena merupakan malam mustajab yang diberitahukan waktunya tidak seperti malam Lailatul Qodar.

Selanjutnya yakni Tausiyah Hikmah Nisfu Sya’ban yang disampaikan oleh Ustadz H. Agus Nanang Setiawan, S. SOS. I. Dalam tausiah ini, beliau berpesan mengenai niat, bahwa kita harus bisa menata niat kita ketika mengikuti majelis maka diniatkan semata-mata untuk mendapatkan ridho Allah semata, yang kedua untuk tolabul ilmi atau menambah ilmu dan yang ketiga adalah bertujuan untuk menghilangkan kebodohan. Jika ketiganya ditanamkan didalam hati maka ganjarannya nyata yaitu dosa kita sudah dimaafkan oleh Allah Swt bahkan sebelum kita melangkahkan kaki.

Tausiyah Hikmah Nisfu Sya’ban yang disampaikan oleh Ustadz H. Agus Nanang Setiawan, S. SOS. I cr: Turcham Media

Acara ditutup dengan sholawat Ya Nabi Yamini Qidam dan Man Ana yang dibawakan oleh Banjari SMA Khadijah.

Semoga negara kita bisa segera sembuh agar kita bisa bertemu secara langsung nantinya untuk menghadiri kegiatan islami seperti ini.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *