Be A Star: Strategi Pembelajaran Efektif bagi Anggota POSKHA-PK

Tak terasa akhirnya Fasvenje dan Ven2zion sudah sampai di penghujung semester akhir yaitu PSAT semester 2. Pastinya kami dari 2 angkatan telah melewati berbagai ujian yang tidak mudah. Sebelum liburan panjang kenaikan kelas, wali murid dan siswa/i SMA Khadijah menerima hasil rapot semester genap pada Jumat, 21 Juni 2024 beserta pengumuman peringkat paralel bagi angkatan X dan XI dengan nilai tertinggi disetiap angkatannya.

Terdapat dua pembagian untuk angkatan XI yaitu jurusan saintek dan soshum. Alhamdulillah, beberapa anggota POSKHA-PK berhasil menorehkan pencapaian dari 40 jumlah paralel. Jurusan saintek diantara peringkat 10 terbesar diraih oleh Lusiana Lukmitta Joethi, siswi peringkat 4 paralel kelas XI-3 sebagai MPK sekbid 5 periode 2023-2024. Selain itu, M. Syafa Amrullah Chaq sebagai Ketua POSKHA 2023-2024, siswa kelas XI-1 meraih peringkat 7 paralel.

Perasaan Lusiana pastinya senang sekali bisa masuk 10 besar, ia berkata semoga kedepannya tetap dapat meningkatkan prestasi.

“Buat metode belajar sih gaada metode khusus gitu, intinya sih kalau bisa belajar itu dicicil setiap hari, jadi waktu mendekati ulangan tinggal mengulangi materi aja. Selain itu, penting juga buat aktif di kelas dan memperhatikan penjelasan guru, dan kalau ada materi yang kurang jelas tanyain ke gurunya.”

Tambahnya.

Dari sudut pandang yang lain, persiapan bagi Syafa adalah sekitar 2  minggu sebelum ujian dengan mulai mengumpulkan catatan dan mencari latihan soal serta memahami materi yang sekiranya kurang dikuasai.

Ia menambahkan tentang kesannya mendapatkan peringkat 7, “Ya tentu seneng ya, meskipun kalo dari segi peringkat turun, tapi aku masih bisa njaga nilai ku biar ngga turun sekalipun dengan kegiatan yang aku jalani.”

Itulah tadi beberapa kesan pesan dan juga tips belajar yang disampaikan oleh POSKHA-PK di jurusan saintek. Dengan membangun dan memelihara lingkungan positif, setiap siswa/i dapat membagi organisasi dan proses pembelajaran untuk menciptakan lingkungan yang dapat mendukung setiap individu.

Semoga dengan menerima pembagian rapot, kami dapat mengevaluasi berbagai hal untuk semester selanjutnya. Cek juga artikel paralel POSKHA-PK lainnya di website kami yaa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *